BIOSPELEOLOGI


 BIOSPELEOLOGI

Biospeleologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Bios yang artinya hidup, Speleon yang artinya Gua dan Logos yang artinya ilmu. Secara keseluruhan Biospeleologi merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan di dalam Gua baik dari kehidupan hewan maupun tumbuhan yang bisa hidup di dalam Gua. Biospeleologi ada di Indonesia dibawa oleh orang Francis pada tahun 80-an,  sementara itu orang Indonesia yang pertama kali melakukan Biospeleologi yaitu dari Mapala UGM di Nusakambangan dengan target meneliti antropoda. 


Lingkungan Gua

Zona Terang yaitu zona awal ketika berada di depan mulut Gua maupun didalam mulut Gua. Zona terang masih terdapat cahaya, suhu, serta kelembaban sesuai lingkungan luar. Biasanya hewan yang dapat dijumpai seperti jangkrik, semut, dan ular sedangkan untuk tumbuhan masih dapat ditemukan karena terpapar sinar matahari.

Zona Remang - remang  yaitu zona yang sudah mulai gelap namun masih terlihat pantulan cahaya dari luar, kondisi suhu dan kelembaban masih dipengaruhi oleh lingkungan luar. Hewan seperti jangkrik masih dapat ditemukan namun mereka hanya singgah lalu pergi lagi ke luar Gua. 

Zona Gelap yaitu yaitu zona yang  sudah tidak ada cahaya sedikitpun, suhu dan kelembaban pun berbeda dengan zona terang, jenis fauna yang terdapat memiliki fisik yang berbeda dengan lingkungan luar. Hewan nya sudah menyesuaikan kalo di zona gelap yang sering ditemui yaitu jangkrik, kelabang, kelelawar, dan laba – laba. 

Zona Gelap Total yaitu zona yang sama sekali tidak ada aliran udara sedikitpun, biasanya memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Hewan yang dijumpai di zona gelap total ini memiliki fisiologi dan morfologi yang berbeda dari hewan yang ditemukan di zona sebelumnya.


Biota Gua dan Adaptasinya

Aksidental                : berkunjung secara kebetulan

Troglosen/Striglosen : hidup didalam Gua namun secara berkala harus keluar Gua.

Troglofil/Striglofil.           : Fauna yang mengunakan Gua sebagai tempat tinggal untuk sebagai siklunya, akan tetapi juga dapat ditemukan di habitat luar Gua yang memiliki kondisi mirip dengan lingkungan Gua.

Troglobit/Striglobit         : kelompok fauna yang mutlak bergantung pada lingkungan Gua dia tidak hidup di luar Gua.

*Keterangan : “Trog” untuk hewan yang hidup di darat dan “Strig” untuk hewan yang hidup di air atau genangan.

Komentar

Postingan Populer